Berikut Beberapa Jenis Test Corona yang Dapat Dilakukan

Share:
Virus corona adalah virus baru yang membuat semua orang dalam keadaan waspada sekarang ini. Dimana virus ini merupakan virus yang dapat mengganggu saluran pernafasan dan bisa mengakibatkan pneumonia apabila tidak ditangani dengan tepat. Sehingga walaupun tidak boleh panik akan tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan juga dapat berjaga-jaga agar tidak tertular virus ini. Dimana langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui kondisi diri sendiri sehingga akan juga dapat diketahui apabila Anda mengalami dan terjangkit virus corona atau tidak. Dimana untuk beberapa gejala yang terjadi dan perlu untuk melakukan test corona adalah ketika memperlihatkan tanda seperti berikut ini:

1.    Tanda pertama adalah ketika mengalami demam yaitu suhu tubuh yang naik di atas suhu normal yaitu mempunyai kondisi tubuh 38 derajat Celsius atau lebih.
2.    Tanda selanjutnya adalah ketika mengalami batuk dan juga pilek yang merupakan tanda kedua. Terutama bagi Anda yang mempunyai tanda batuk kering atau batuk tidak berdahak.
3.    Tanda selanjutnya adalah ketika mengalami masalah sesak nafas dan terjadi masalah kesulitan bernafas.
4.    Tanida selanjutnya juga disusul dengan memburuknya kondisi sehingga membuat nyeri tenggorokan.

Selain dari tanda yang menyerang kesehatan badan tersebut, Anda juga perlu untuk melakukan test apabila mempunyai riwayat kontak dan juga riwayat mobilitas. Dimana bagi Anda yang mempunyai riwayat kontak dengan orang yang sudah terkonfimasi Covid-19 atau juga probabel Covid 19. Kontak tersebut dapat terjadi dari kontak fisik, pernah berada dalam satu ruangan yang sama dengan penderita, dan juga mempunyai kontak dalam radius 1 meter yang dapat mengakibatkan terserang corona. Selain itu juga riwayat mobilitas yang dapat diketahui dari orang yang mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri atau daerah yang pernah mempunyai kasus penularan lokal di Indonesia. Sehingga bagi Anda yang melakukan hal tersebut juga perlu untuk melakukan tes berikut ini agar dapat untuk mengetahui kondisi yang dipunyai.

1.    Uji sampel darah
Untuk tes pertama yang dapat dilakukan adalah uji sampel darah. Sehingga untuk tes ini akan dilakukan oleh layanan medis seperti misalnya rumah sakit yang menyediakan sehingga dari hal tersebut akan dapat mengetahui kondisi dari seseorang. Tes darah ini mempunyai keunggulan dapat dilakukan secara cepat dan akan mengetahui kondisi atau hasil pasien dengan lebih mudah.

2.    Tes usap tenggorokan
Tes selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis virus corona pada seseorang adalah dengan melakukan tes usap tenggorokan. Virus ini adalah virus yang dapat menyerang tenggorokan sehingga tanda awal juga merupakan sakit tenggorokan dan sakit pernafasan. Untuk fungsi dari tes usap tenggorokan ini adalah dapat untuk meneliti sampel dahak atau tes PCR. Sehingga dari tes ini akan diketahui kondisi tenggorokan dari pasien yang mempunyai gejala dan juga kondisi yang dapat membuatnya terserang virus corona.

3.    Rontgen dada
Test corona terakhir yang dapat dilakukan adalah rontgen dada. Cara ini tentunya perlu untuk melakukan tes yang menyeluruh di bagian dada karena pada kasus yang parah penderita corona akan mempunyai cairan di paru-parunya sehingga membuatnya kesulitan bernafas. Oleh karena itulah hal tersebut akan membuat kondisi menjadi parah. Rontgen ada ini sendiri mempunyai manfaat untuk mendeteksi infiltrat atau cairan yang ada di paru-paru. Sehingga nantinya dapat diketahui apakah cairan di paru-paru berlebihan sehingga dapat untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat.